Kamis, 07 Oktober 2010

Proposal Magang

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Setelah menyelesaikan masa studi strata satu, mahasiswa akan memasuki tahap baru yaitu dunia kerja. Dunia kerja memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan dunia perkuliahan. Mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan teori yang didapat selama perkuliahan menjadi praktek secara langsung. Dalam proses aplikasi teori menjadi praktek tersebut, mahasiswa harus memiliki skill dan kemampuan yang sesuai. Oleh karena itu, Program Mata Kuliah Magang merupakan salah satu mata kuliah yang disediakan oleh setiap jurusan, termasuk departemen Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya.  Dengan kualifikasi mencakup 3 sistem kredit semester, setiap mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dengan mengambil mata kuliah Magang tersebut. Ilmu yang didapatkan berbeda dengan ilmu yang didapatkan dari proses belajar mengajar selama kuliah karena akan diperoleh pengalaman kerja singkat di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Oleh karena itu, Program Mata Kuliah Magang nantinya akan memberikan manfaat bagi mahasiswa sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja secara langsung.
Melalui partisipasi dalam program mata kuliah Magang tersebut, diharapkan mahasiswa memiliki gambaran yang jelas mengenai situasi dan dunia kerja secara nyata. Mahasiswa akan mengetahui kualitas dan kapabilitas fresh graduate seperti apa yang menjadi daya tarik institusi-institusi pemerintahan dan swasta sehingga mahasiswa dapat mengukur kemampuan yang dimiliki dengan persyaratan dunia kerja. Hal ini sangat penting terlebih dalam era kontemporer tempat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat. Dengan pengukuran terhadap kemampuan mereka, mahasiswa dapat memperbaiki diri agar menjadi lebih kompetitif dan potensial. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja yang sangat berbeda dengan kehidupan kuliah.
Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka penulis sebagai mahasiswa semester tujuh di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya memilih Bank Indonesia sebagai tempat yang sangat relevan untuk melaksanakan kegiatan Magang. Hal ini didasari oleh pertimbangan bahwa seiring dengan arus globalisasi yang semakin menyebar ke berbagai aspek kehidupan bangsa, perekonomian menjadi salah satu aspek yang sangat vital. Perekonomian dengan segala dinamikanya menjadi perhatian para ekonom maupun mahasiswa. Dengan terjadinya krisis ekonomi global yang melanda sistem perekonomian hampir seluruh negara di dunia ini menyebabkan banyak sekali terjadinya pergeseran di antara sendi-sendi perekonomian. Untuk itu kegiatan magang ini diharapkan bisa membuat penulis lebih kritis dalam memahami masalah perekonomian domestik terutama perbankan yang tidak lepas dari pengaruh internasional. Apalagi sampai saat ini krisis perekonomian global di Amerika ternyata berimbas dalam nilai tukar uang hampir di semua belahan dunia, termasuk Indonesia.
Dengan kejatuhan ekonomi raksasa dunia, Amerika Serikat, membuat berbagai macam kegiatan ekonomi juga turut terganggu. Kegiatan Ekspor-Impor dan berbagai transaksi baik dalam wujud barang, jasa maupun modal juga turut terhambat. Nilai mata uang Rupiah  mengalami fluktuasi yang sangat terasa hingga ke berbagai lapisan masyarakat. Imbasnya, harga berbagai macam bahan pokok, baik produksi maupun rumah tangga, mengalami kenaikan yang signifikan. Tentunya hal tersebut juga menuntut perhatian dari pemerintah. Mempelajari permasalahan secara mendalam dan membentuk sebuah solusi yang tepat, yang akan menguntungkan semua pihak, merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah.
Hal tersebut yang menjadi suatu pemicu bagi penulis untuk mempelajari dinamika perekonomian secara lebih lanjut.

B.  Maksud dan Tujuan
1)      Mempelajari secara lebih mendalam mengenai dinamika perekonomian Indonesia pada khususnya, dan dunia pada umumnya.
2)      Menjadikan ekonomi dan studi internasional sebagai media pembelajaran yang komprehensif.
3)      Memperkaya pengalaman di dunia kerja, terutama yang bergerak langsung pada sektor ekonomi internasional atau ekonomi yang berkaitan dengan kebijakan internasional.
4)      Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Airlangga, diharapkan mahasiswa dapat memiliki persiapan untuk siap bersaing dalam menghadapi situasi persaingan lingkungan kerja.
5)      Sebagai persyaratan untuk pemenuhan mata kuliah magang jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Airlangga Surabaya.

























BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN


A.  Tempat dan Ketentuan Pelaksanaan Kegiatan
Menyikapi perubahan ekonomi di seluruh negara, mahasiswa memiliki keinginan untuk mempelajari secara lebih jelas beserta proses berlangsungnya dalam dunia kerja dengan mengambil mata kuliah magang. Dengan tempat tujuan magang adalah Bank Indonesia, maka mahasiswa mengharapkan mendapatkan pengajaran dan pengalaman yang kompeten dalam bidang perekonomian, terutama yang berkaitan dengan sistem perekonomian internasional.
Mengenai proses evaluasi lebih lanjut mengenai kegiatan mahasiswa selama menjadi mahasiswa magang di Bank Indonesia, berikut terlampir formulir  penilaian yang disertakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya.
Kegiatan akan dilaksanakan di :
             Tempat                        :Bank Indonesia, Jl. Pahlawan no. 105,                                                                       Surabaya
                        Waktu                          :Diharapkan dilaksanakan pada bulan                                                                         September
                        Jumlah Kehadiran       :22 jam kerja
           
            Untuk selanjutnya, Bank Indonesia diharapkan dapat memberikan penilaian terhadap kualitas kinerja mahasiswa selama mengikuti kegiatan magang ini.








BAB III
PENUTUPAN

Demikian proposal ini mahasiswa buat sebagai bentuk kerjasama antara mahasiswa dan perbankan Indonesia dalam menyongsong era globalisasi. Terlebih lagi diharapan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi mahasiswa, serta dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi kedua belah pihak.
Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman berpartisipasi langsung dalam sebuah lingkungan kerja, akan menjadi sebuah nilai tambah yang sangat berguna di waktu yang akan datang.
Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.














PROPOSAL
PELAKSANAAN KEGIATAN MAGANG
DI BANK INDONESIA





OLEH:
HURIN AIN
NIM 070710409


DEPARTEMEN ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2010

4 komentar:

  1. Aq tertarik buat magang di BI...
    Tolong di share donk prosedur dan syarat2nya...
    ato bisa dikirim ke emailku dimzhater@yahoo.com..
    makasih sebelumnya..
    salam kenal,,herlin

    BalasHapus
  2. Halo kak, izin menjadikan ini sebagai acuan untuk proposal magang saya ya, terimakasih.

    BalasHapus
  3. Makasi banget kak bisa buat referensi saya

    BalasHapus